PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Ferdianto Holo
  • I Made Yasna
  • Ni Wayan Dian Permana Dewi

Keywords:

minat belajar, prestasi belajar, Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian mata pelajaran Relasi dan Fungsi kelas VIII B SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023 dari jumlah siswa sebanyak 34 siswa terdapat 27 siswa yang belum tuntas KKM karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional atau ceramah, sehingga siswa merasa cenuh dan bosan. Jadi minat belajar terhadap pelajaran matematika masih perlu ditingkatkan. Kurangnya minat belajar siswa dapat berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upaya peningkatan minat dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa, penelitian ini berbentuk PTK model Actoon ResearchSpiral. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tabanan yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan siswa perempuan berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Angket, dan tes. Berdasarkan data yang telah dilakukan diketahui bahwa minat dan prestasi belajar meningkat dilihat dari skor rata-rata minat belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 59,41 lalu dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 70,32. Skor rata-rata prestasi belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 67,54 kemudian meningkat lagi dari siklus I ke siklus II sebesar 75,88. Persentase ketuntasan belajar siswa dari 20,58% atau 7 siswa yang mencapai KKM pada pra siklus. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatkan menjadi 47,05% atau 16 siswa yang mencapai KKM dan pada akhir siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 97,05% atau 33 siswa yang mencapai KKM, oleh karenan itu dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Holo, F., Yasna, I. M., & Dewi, N. W. D. P. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 1. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/660