PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS TOKOH CERITA TIMUN EMAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SENGANAN
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.753Keywords:
Problem Based Learning, Analisis tokoh dalam ceritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi mengenal
tokoh dalam cerita Timun Emas di kelas IV SD Negeri 5 Senganan. Penelitian dilakukan di kelas IV SD
Negeri 5 Senganan yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data hasi
belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes (evaluasi) berupa uraian materi mengenal tokoh dalam
cerita Timun Emas. Hasil penelitian dianalisis menggunakan tehnik analisis deskritif dan persentase.
Berdasarkan hasil observasi, kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus
II, yakni dari 68,33 % pada siklus I menjadi 83 % pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga
menunjukkan peningkatan, dari 67 % pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis tokoh dalam cerita Timun Emas
Downloads
References
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach.
Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani.
New York: McGraw Hill Company.
Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran
Berbasis Masalah dalam Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada
Pembelajaran IPS di MI Darussaadah
Pandeglang. Jurnal Universitas Pendidikan
Indonesia, 10(2).
Pratiwi, D. (2019). Analisis Karakter dalam
Cerita Rakyat Indonesia: Studi Kasus pada
Cerita Timun Emas. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 4(2), 123-135.
Rahmawati, S. (2021). Pengaruh Media Video
terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah
Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1),
45-58.
Sari, R. (2020). Model Problem Based Learning
dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.
Jurnal Pendidikan Dasar, 5(3), 200-210.
Sulistiani, E., dan Masrukan. 2016. Pentingnya
Berpikir Kritis dalam Pembelajaran
Matematika untuk Menghadapi tantangan
MEA. Seminar Nasional Matematika X
Universitas Negeri Semarang, 605-612.
Tamarli. 2017. Penggunaan Media Gambar dengan
Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran
PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2
SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal
Serambi Ilmu, 18(1): 33-40.
Yulianti, A. (2022). Inovasi Pembelajaran di
Sekolah Dasar: Penerapan Model PBL
Berbasis Video. Jurnal Penelitian Pendidikan,
8(1), 78-89















