PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS TOKOH CERITA TIMUN EMAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 SENGANAN

Authors

  • I Gede Nyoman Sutiawan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.753

Keywords:

Problem Based Learning, Analisis tokoh dalam cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi mengenal
tokoh dalam cerita Timun Emas di kelas IV SD Negeri 5 Senganan. Penelitian dilakukan di kelas IV SD
Negeri 5 Senganan yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data hasi
belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes (evaluasi) berupa uraian materi mengenal tokoh dalam
cerita Timun Emas. Hasil penelitian dianalisis menggunakan tehnik analisis deskritif dan persentase.
Berdasarkan hasil observasi, kemampuan analisis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus
II, yakni dari 68,33 % pada siklus I menjadi 83 % pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga
menunjukkan peningkatan, dari 67 % pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan analisis tokoh dalam cerita Timun Emas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach.

Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyani.

New York: McGraw Hill Company.

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran

Berbasis Masalah dalam Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada

Pembelajaran IPS di MI Darussaadah

Pandeglang. Jurnal Universitas Pendidikan

Indonesia, 10(2).

Pratiwi, D. (2019). Analisis Karakter dalam

Cerita Rakyat Indonesia: Studi Kasus pada

Cerita Timun Emas. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan, 4(2), 123-135.

Rahmawati, S. (2021). Pengaruh Media Video

terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah

Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1),

45-58.

Sari, R. (2020). Model Problem Based Learning

dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.

Jurnal Pendidikan Dasar, 5(3), 200-210.

Sulistiani, E., dan Masrukan. 2016. Pentingnya

Berpikir Kritis dalam Pembelajaran

Matematika untuk Menghadapi tantangan

MEA. Seminar Nasional Matematika X

Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Tamarli. 2017. Penggunaan Media Gambar dengan

Model Pembelajaran Problem Based Learning

(PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran

PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2

SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal

Serambi Ilmu, 18(1): 33-40.

Yulianti, A. (2022). Inovasi Pembelajaran di

Sekolah Dasar: Penerapan Model PBL

Berbasis Video. Jurnal Penelitian Pendidikan,

8(1), 78-89

Downloads

Published

09-01-2025