PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERBANTUAN CANVA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TITAB

Authors

  • Luh Desy Widyantari Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.758

Keywords:

Canva, Kartu Kata, Bahasa Indonesia, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kartu kata berbantuan
Canva dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri Titab.
Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test,
observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pre- test menunjukkan bahwa pemahaman awal siswa
terhadap materi masih rendah. Namun, setelah penggunaan media kartu kata berbantuan Canva,
terjadi peningkatan signifikan pada hasil post-test, dengan rata-rata pencapaian siswa mencapai
80,15% yang memenuhi kriteria keberhasilan. Observasi menunjukkan adanya peningkatan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sementara hasil angket menunjukkan respons positif
siswa terhadap media pembelajaran ini. Analisis statistik menunjukkan nilai tHitung (5,97)
lebih besar daripada tTabel (1,729), yang berarti terdapat pengaruh positif penggunaan media
kartu kata terhadap hasil belajar siswa. Media kartu kata berbantuan Canva terbukti efektif
dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan membaca, dan motivasi siswa dalam belajar
Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin.2010. Pembelajaran Keterampilan

Berbahasa Psikolinguistik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Bunata.2004. Minat Baca. Bandung: Sinar Baru.

Chaer. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damyati & Mudjiono. 2006 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Damayanti. 2003. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isra Yuliasti, 2015. Pengaruh Media Kata Terhadap Membaca Permulaan pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Inpres

117 Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi:

Unismuh.

Musdalifah.ZA, 2016. Pengaruh Media Kartu

Kata Terhadap Kemampuan Membaca

Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Inpres Kalebajeng kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Skripsi:

Unismuh.

Muchlisoh, 1992. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan A. Siregar. 2008. Upaya Meningkatkan

Minat Baca di Sekolah. Medan: Universitas

Sumatra Utara.

Sudjana 2009. Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus; Volume 2, Nomor 3, September 2013 Pendidikan Luar Biasa, FIP

UNP. UPI Bandung.

Sudjana, Nana dan A. Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sadiman 2010. Media Pendidikan: Pengertian,

Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tarigan, HG. 2008 Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Bandung.

Tarigan, Djago, 2005. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikelas Rendah. Jakarta. Pusat

Penerbitan Universitas Terbuka. Suryani,

Eva. (2011). Kemampuan Membaca permulaan Bahasa Menggunakan Kartu Kata Pada

siswa Kelas II SDN 01Pontianak

Timur. Skripsi tidak diterbitkan.Pontianak :

FKIP UNTAN Pontianak.

Tarigan, 2008. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Yunus Abidin, 2012. Pembelajaran Membaca

Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:

PT Refika Aditama

Downloads

Published

09-01-2025