PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERBANTUAN CANVA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI TITAB
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.758Keywords:
Canva, Kartu Kata, Bahasa Indonesia, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kartu kata berbantuan
Canva dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri Titab.
Dalam penelitian ini, digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test,
observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil pre- test menunjukkan bahwa pemahaman awal siswa
terhadap materi masih rendah. Namun, setelah penggunaan media kartu kata berbantuan Canva,
terjadi peningkatan signifikan pada hasil post-test, dengan rata-rata pencapaian siswa mencapai
80,15% yang memenuhi kriteria keberhasilan. Observasi menunjukkan adanya peningkatan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sementara hasil angket menunjukkan respons positif
siswa terhadap media pembelajaran ini. Analisis statistik menunjukkan nilai tHitung (5,97)
lebih besar daripada tTabel (1,729), yang berarti terdapat pengaruh positif penggunaan media
kartu kata terhadap hasil belajar siswa. Media kartu kata berbantuan Canva terbukti efektif
dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan membaca, dan motivasi siswa dalam belajar
Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Abidin.2010. Pembelajaran Keterampilan
Berbahasa Psikolinguistik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Bunata.2004. Minat Baca. Bandung: Sinar Baru.
Chaer. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Damyati & Mudjiono. 2006 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Damayanti. 2003. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Isra Yuliasti, 2015. Pengaruh Media Kata Terhadap Membaca Permulaan pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Inpres
117 Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi:
Unismuh.
Musdalifah.ZA, 2016. Pengaruh Media Kartu
Kata Terhadap Kemampuan Membaca
Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Inpres Kalebajeng kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Skripsi:
Unismuh.
Muchlisoh, 1992. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan A. Siregar. 2008. Upaya Meningkatkan
Minat Baca di Sekolah. Medan: Universitas
Sumatra Utara.
Sudjana 2009. Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus; Volume 2, Nomor 3, September 2013 Pendidikan Luar Biasa, FIP
UNP. UPI Bandung.
Sudjana, Nana dan A. Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sadiman 2010. Media Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tarigan, HG. 2008 Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Bandung.
Tarigan, Djago, 2005. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikelas Rendah. Jakarta. Pusat
Penerbitan Universitas Terbuka. Suryani,
Eva. (2011). Kemampuan Membaca permulaan Bahasa Menggunakan Kartu Kata Pada
siswa Kelas II SDN 01Pontianak
Timur. Skripsi tidak diterbitkan.Pontianak :
FKIP UNTAN Pontianak.
Tarigan, 2008. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Yunus Abidin, 2012. Pembelajaran Membaca
Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:
PT Refika Aditama















