MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MAYONG
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.760Keywords:
Problem Based Learning, Canva, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) berbantuan media Canva dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas
V SD Negeri 1 Mayong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa
setelah penerapan metode ini, dengan rata-rata nilai meningkat dari 62 pada pretest menjadi 88
pada posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan media Canva efektif
dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Bariyadi, P. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Dewi, A., Dewi, L., & Setiawati, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
6(3), 243-250. Diakses dari https://journal.
ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/
downloa d/19536/6280
Fatia, R. (2016). Model Pembelajaran Problem
Based Learning: Teori dan Praktik. Jurnal
Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 75-81.
Diakses dari https://journal.stkipsubang.
ac.id/i ndex.php/didaktik/article/downlo
ad/1011/861
Hasibuan, M., & Yuliani, E. (2017). Metode
Deskriptif Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1),
15-22.
Huda, M. (2014). Model Pembelajaran Problem
Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2(3),
45-50.
Ipa, S. (2021). Penggunaan Canva sebagai Media
Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 32-39.
Kosasih, E. (2017). Teks Iklan: Definisi dan Karakteristiknya. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 5(2), 101-110. Mahardika, R. Y. (2012).
Menulis Teks Iklan: Teknik dan Strategi. JurnalBahasa dan Sastr a, 4(1), 88-95.
Primandhika, A., & Wikanengsih, N. (2020).
Penerapan Model Problem dan Sastra, 5(2),
120-12 Based Learning dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar,
8(3), 150-157. Diakses dari https://ejournal.unma.ac.id/index. php/educatio/article/
view/6250
Resmini, D. (2021). Aplikasi Canva dalam Desain
Materi Pelajaran yang Menarik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(4), 60-67.
Wapi Nur Fitriani, Wikanengsih, & Reka Yuda
Mahardika. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Canva pada Materi Teks Iklan Kelas
VIII. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, 6(3), 243-250. Diakses dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/
index.php/parole/article/view/195 36
Zein, M. (2016). Interaksi dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Jurnal
Pendidikan Bahasa.















