MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MAYONG

Authors

  • Made Sutawan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.760

Keywords:

Problem Based Learning, Canva, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) berbantuan media Canva dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas
V SD Negeri 1 Mayong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa
setelah penerapan metode ini, dengan rata-rata nilai meningkat dari 62 pada pretest menjadi 88
pada posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi model PBL dan media Canva efektif
dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bariyadi, P. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Dewi, A., Dewi, L., & Setiawati, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

6(3), 243-250. Diakses dari https://journal.

ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/

downloa d/19536/6280

Fatia, R. (2016). Model Pembelajaran Problem

Based Learning: Teori dan Praktik. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 75-81.

Diakses dari https://journal.stkipsubang.

ac.id/i ndex.php/didaktik/article/downlo

ad/1011/861

Hasibuan, M., & Yuliani, E. (2017). Metode

Deskriptif Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1),

15-22.

Huda, M. (2014). Model Pembelajaran Problem

Based Learning. Jurnal Pendidikan, 2(3),

45-50.

Ipa, S. (2021). Penggunaan Canva sebagai Media

Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 32-39.

Kosasih, E. (2017). Teks Iklan: Definisi dan Karakteristiknya. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 5(2), 101-110. Mahardika, R. Y. (2012).

Menulis Teks Iklan: Teknik dan Strategi. JurnalBahasa dan Sastr a, 4(1), 88-95.

Primandhika, A., & Wikanengsih, N. (2020).

Penerapan Model Problem dan Sastra, 5(2),

120-12 Based Learning dalam Pembelajaran Menulis. Jurnal Pendidikan Dasar,

8(3), 150-157. Diakses dari https://ejournal.unma.ac.id/index. php/educatio/article/

view/6250

Resmini, D. (2021). Aplikasi Canva dalam Desain

Materi Pelajaran yang Menarik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(4), 60-67.

Wapi Nur Fitriani, Wikanengsih, & Reka Yuda

Mahardika. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Canva pada Materi Teks Iklan Kelas

VIII. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, 6(3), 243-250. Diakses dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/

index.php/parole/article/view/195 36

Zein, M. (2016). Interaksi dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Jurnal

Pendidikan Bahasa.

Downloads

Published

09-01-2025