PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR INTRINSIK CERPEN KELAS 6 SDN 1 PANGKUNG KARUNG
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.767Keywords:
Problem Based Learning, diskusi interaktif, hasil belajar, bahasa Indonesia, cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan
metode diskusi interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 6 di SDN 1
Pangkung Karung, khususnya pada materi hubungan antar unsur intrinsik cerpen. Penelitian tindakan
kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dengan subjek
penelitian sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar
siswa, yang tercermin dari persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56% (10 siswa) dan meningkat
menjadi 94% (17 siswa) pada siklus II. Penerapan model PBL yang dipadukan dengan metode diskusi
interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dapat meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi yang sebelumnya abstrak menjadi lebih nyata dan mudah dipahami. Penelitian
ini menyarankan agar guru lebih sering melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan berbagai metode
yang dapat mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, perencanaan
yang matang dan pemilihan topik yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Downloads
References
Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based
Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social,
Humanities, and Education Studies (SHEs):
Conference Series, 3(4), 1001–1004. https://
jurnal.uns.ac.id/shes
Erita, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan
Media Kartu Kata Bewarna Pada Siswa Kelas
I SD Negeri 08 Pulau Punjung. International
Journal of Technology Vocational Education
and Training, 3(1), 62–73.
Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016).
Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS
dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN
5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas
Sebelas Maret, 2(2), 1–13.
Krissandi, A., Widharyanto, & Dewi, R. P. D.
(2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia
untuk SD:Pendekatan dan Teknis. In Media
Maxima.
Manda, K., & Cerpen, A. (n.d.). Analisis Unsur
Intrinsik Cerita Pendek Semua Ini Tentang
Orang Tua. 1289–1303.
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,
3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/
educendikia.v3i03.3429.
Puspitasari, D. R. (2022). Penggunaan Model
Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan
Media Wayang Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii
Sd Negeri Cipageran Mandiri 2 Rizka Agil
Wiranti. Journal of Innovation in Primary
Education, 1(2), 162–169.
Putu, N., & Kamaryani, S. (2019). Metode Contoh
Kasus Melalui Diskusi Ekspository. Journal
OfEducation Technology, 3, 172–178.
Quthni, M. D. (2014). Kemampuan Siswa
Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek
dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP
Terbitan Depdiknas Oleh siswa Kelas VII A
SMP Negeri 5 Kota Jambi Oleh.
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah
Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria :
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2),
46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.
v6.i2.p46-57.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).
Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa
di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),















