PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UNSUR INTRINSIK CERPEN KELAS 6 SDN 1 PANGKUNG KARUNG

Authors

  • Ni Komang Sri Wahyu Tistari Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.767

Keywords:

Problem Based Learning, diskusi interaktif, hasil belajar, bahasa Indonesia, cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan
metode diskusi interaktif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 6 di SDN 1
Pangkung Karung, khususnya pada materi hubungan antar unsur intrinsik cerpen. Penelitian tindakan
kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dengan subjek
penelitian sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar
siswa, yang tercermin dari persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56% (10 siswa) dan meningkat
menjadi 94% (17 siswa) pada siklus II. Penerapan model PBL yang dipadukan dengan metode diskusi
interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dapat meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi yang sebelumnya abstrak menjadi lebih nyata dan mudah dipahami. Penelitian
ini menyarankan agar guru lebih sering melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan berbagai metode
yang dapat mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, perencanaan
yang matang dan pemilihan topik yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based

Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social,

Humanities, and Education Studies (SHEs):

Conference Series, 3(4), 1001–1004. https://

jurnal.uns.ac.id/shes

Erita, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar

Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan

Media Kartu Kata Bewarna Pada Siswa Kelas

I SD Negeri 08 Pulau Punjung. International

Journal of Technology Vocational Education

and Training, 3(1), 62–73.

Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016).

Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS

dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN

5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas

Sebelas Maret, 2(2), 1–13.

Krissandi, A., Widharyanto, & Dewi, R. P. D.

(2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia

untuk SD:Pendekatan dan Teknis. In Media

Maxima.

Manda, K., & Cerpen, A. (n.d.). Analisis Unsur

Intrinsik Cerita Pendek Semua Ini Tentang

Orang Tua. 1289–1303.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,

3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/

educendikia.v3i03.3429.

Puspitasari, D. R. (2022). Penggunaan Model

Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan

Media Wayang Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii

Sd Negeri Cipageran Mandiri 2 Rizka Agil

Wiranti. Journal of Innovation in Primary

Education, 1(2), 162–169.

Putu, N., & Kamaryani, S. (2019). Metode Contoh

Kasus Melalui Diskusi Ekspository. Journal

OfEducation Technology, 3, 172–178.

Quthni, M. D. (2014). Kemampuan Siswa

Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Pendek

dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP

Terbitan Depdiknas Oleh siswa Kelas VII A

SMP Negeri 5 Kota Jambi Oleh.

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah

Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria :

Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2),

46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.

v6.i2.p46-57.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).

Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa

di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal

Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),

19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Downloads

Published

09-01-2025